Kemenristekdikti Bersama UBL, Sosialisasikan Pembangunan Layanan Pusat Karir Perguruan Tinggi

BERI PAPARAN : Dua Pemateri dari Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) serius mensosialisasikan pembangunan layanan pusat karir di Kopertis Wilayah II dan X di auditorium kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusma, (16/03/2018) lalu

Direktorat Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mensosialisasikan pembangunan layanan pusat karir di Kopertis Wilayah II dan X. Kali ini, Universitas Bandar Lampung (UBL) mendapatkan kesempatan berkerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan untuk membantu pembangunan layanan pusat karir bagi Perguruan Tinggi yang belum memiliki pusat karir. Kegiatan  yang dilaksanakan di Auditorium Kampus Dra. Hj. Sri Hayati Barusman, Jum’at (16/03/2018) lalu, dihadiri oleh 86 peserta dari berbagai Perguruan Tinggi seperti Provinsi Lampung, Provinsi Bengkulu, Provinsi Sumatera Selatan, Provinsi Bangka Belitung, Provinsi Jambi, dan Provinsi Riau.

Kepala Biro Pembinaan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni (BPKHA) UBL Dra. Yulfriwini, M.T., mewakili Rektor UBL Dr. Ir. M. Yusuf. S. Barusman, MBA., menerangkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pembangunan layanan pusat karir bagi perguruan tinggi yang belum memiliki pusat karir. Kegiatan diseminasi Program Bantuan Pembangunan Layanan Pusat Karir dan Pusat Karir Lanjutan 2018 ini sangat penting bagi UBL maupun beragam perguruan tinggi yang mengikuti kegiatan tersebut dalam rangka penyiapan lulusannya sebelum memasuki dunia kerja. “Kegiatan ini membahas pembangunan layanan pusat karir dimana pusat karir bagi perguruan tinggi berguna sebagai penghubung antara alumni dan perguruan tinggi. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan pembangunan layanan pusat karir bagi perguruan tinggi yang belum memiliki pusat karir serta bagi perguruan tinggi yang sudah memiliki pusat karir dan bantuan untuk pusat karir yang akan mengadakan kegiatan”, Tegasnya.

Yulfriwini juga mengatakan bahwa UBL telah memiliki pusat karir sejak tahun 2006 yang diberi nama Unit Career Center (UCC) UBL dan sudah sesuai dengan program yang disampaikan Kemenristekdikti.  “Pusat karir UBL sampai saat ini berjalan dengan baik. Kami menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan dalam rangka memberikan informasi karir kepada para alumni.,Kegiatan ini juga akan memperkuat jaringan kerjasama UBL dengan berbagai pengguna lulusan. Untuk itu UBL terus berkomitmen untuk menyiapkan para mahasiswa sesuai tuntutan kerja dan keterbutuhan pangsa pasar kerja, secara lebih awal sehingga ketika mereka lulus, para alumni akan lebih kompetitif, tidak hanya sesama UBL tapi dengan lulusan (kampus) lain dalam memasuki (ranah) dunia kerja,” Pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *